Senin, 23 April 2012

Karnaval Batik Tegal 2012: Pawai Corak Batik Tegalan

Seakan tidak ingin tertinggal dari Yogyakarta, Solo, atau pun Jember, Kota Tegal juga akan menggelar sebuah event karnaval khas daerahnya yang bercorak batik. Acara yang pertama kali digelar tersebut bertajuk Karnaval Batik Tegal atau Batik Carnival dan akan dilangsungkan pada 28 April 2012 di pusat Kota Tegal.

Kegiatan ini dilangsungkan dengan tujuan memperkenalkan koleksi batik Tegalan dalam rupa rancangan busana, juga berkaitan dengan hari jadi Kota Tegal ke-432. Acara ini akan diikuti 125 peserta dan designer handal dengan melibatkan siswa sekolah tingkat pertama hingga perguruan tinggi serta sejumlah perusahaan swasta di Kota Tegal.

Karnaval akan dimulai sore hari dimulai dari Pendopo Balai Kota kemudian berpawai di sepanjang jalan protokol sekira 3 km. Pawai tersebut nantinya merupakan pawai umum yang melibatkan pawai pejalan kaki dan pawai kendaraan bermotor dengan tema batik tegalan.
Karnaval Batik Tegal juga akan melibatkan desainer luar Tegal untuk memamerkan rancangannya. Disajikan pula berbagai mode pakaian dengan bahan khusus batik khas Tegalan. Batik Tegalan memiliki corak khas tersendiri yang khas membedakan dengan corak batik dari daerah lain seperti batik Solo, batik Pekalongan, batik Cirebon, batik Madura, ataupun batik Yogyakarta.

Untuk memeriahkan acara nantinya akan digelar berbagai macam perlombaan, hiburan seni dan pementasan. Kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan batik tegalan kepada masyarakat dan mendukung Program Rumah Karnaval agar agenda karnaval tersebut menjadi bagian dari agenda karnaval batik lainnya. 

Kabupaten Tegal sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan ibu kota Slawi. Kota ini terbilang Strategis karena berada dijalur lintas antara Semarang-Tegal-Cirebon serta Semarang-Tegal-Purwokerto dan Cilacap. Untuk menuju kota Tegal, Anda dapat melalui angkutan umum nasional lintas Jakarta-Semarang atau Jakarta-Surabaya. Ada pula kendaraan bus dan minibus rute luar kota seperti lintas Semarang-Cirebon, Semarang-Tegal, Tegal-Purwokerto dan dalam kota seperti lintas Tegal-Pemalang, Tegal-Slawi, Tegal-Brebes, dan lainnya. Kota Tegal juga dilewati moda kereta api transit dari jalur Jakarta, Semarang, maupun Surabaya.


Comment : What a beautiful Indonesia!! Too much beautiful things in Indonesia. As I know, Indonesia has more than one million type/style of Batik. Every provinces in Java Island has their own type/style of Batik. It’s really show us that Indonesia has a characteristic that we can remind about Indonesia. But unfortunately, there’re still not too concerned about the wealth owned by Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar